Category



 



        


Salah satu bahan pertimbangan pada saat pembelian sebuah jam tangan adalah seberapa ketahanan  jam tersebut terhadap air yang dikenal dengan istilah “Water Resistant”.

Water Resist menunjukkan seberapa kuat jam tangan tahan terhadap tekanan air , bukan terhadap kedalaman air,  kedua konteks ini sangat berbeda dan sering salahartikan.

Namun Water Resistant tidak berati bahwa jam tersebut tahan terhadap semua kondisi,  namun dibatasi dengan tingkatan dengan parameter  Bar , ATM/Atmosphere , Feet dan meter  , yang memiliki arti dan batasan tersendiri.

Bagaimana cara mengetahui batasan Water Resistant  pada jam tangan tersebut? Tulisan water Resistant pada umumnya bisa ditemukan pada plat/dial jam tangan atau di back plate/bagian belakang jam tangan

Beberapa tingkatan umum dan batasan  Water Resist :

-Water Resistant ,yang berarti ketahanan terbatas terhadap keringat , cipratan air , tetesan hujan.sangat minim ketahanannya terhadap air.

-Water Resist  30 metre/ 3 ATM / 100  Feet yang menunjukkan ketahanan terhadap tekenan air yang rendah seperti mencuci tangan  , wudhu , kehujanan.

-Water Resist  50 metre/ 5 ATM/ 165 Feet cocok untuk mandi  dan berenang , hanya aja tidak disarankan.

-Water Resist 100 metre/10 ATM/ 330 Feet cocok untuk berenang dan snorkeling , berselancar.

-Water Resist 200 metre/200 ATM/660 Feet sudah menjadi standar tertinggi untuk diving/menyelam.

Pastikan untuk selalu mengunci rapat /menekan dalam tombol pemutar jarum jam untuk memaksimalkan ketahanan terhadap tekanan air.

Bagaimana dengan istilah “Waterproof” ? Waterproof berarti kedap/tahan  air ,berbeda konteksinya dengan menahan tekanan air.Istilah ini lebih cocok digunakan pada konstruksi gedung dan material seperti Cat anti bocor , Bahan parasut pada jaket.Standar Internasional untuk batasan ketahanan jam tangan adalah Water Resistant , sehingga sangat jarang ditemukan jam tangan dengan istlah waterproof.

Jika anda perlu jam tangan untuk penggunaan sehari-hari , Water Resist 3 – 5 ATM sudah sesuai dengan pemakaiannya , namun yang memiliki profesi khusus dalam hal menyelam , kami sarankan menggunakan water Resist 20 ATM.